12 Tips Menulis Rilis Berita

Rilis berita adalah salah satu alat dasar dalam setiap upaya PR. Penjangkauan satu atau dua halaman ke

media ini adalah salah satu cara Anda yang paling hemat biaya untuk menyampaikan pesan Anda ke pasar Anda.

Editor menemukan ratusan rilis berita di kotak surat atau kotak masuk elektronik mereka setiap minggu. Jadi, bagaimana Anda membuat rilis Anda menonjol dari yang lain? Berikut daftar 12 poin kunci untuk dimasukkan dalam rilis berita untuk kenyamanan editor dan untuk memicu minat.

1. Gunakan paragraf pembuka untuk menarik perhatian pembaca. Tentukan jawaban yang paling menarik untuk pertanyaan-pertanyaan berikut: Mengapa target pasar Anda ingin membaca atau menulis artikel berita mendengar tentang organisasi Anda? Apa yang unik tentang organisasi Anda? Apakah baru-baru ini terjadi peristiwa yang menyoroti pesan Anda? Bagaimana Anda bisa menggunakan acara itu untuk menarik minat? Apakah publikasi atau program TV tertentu membahas masalah yang memengaruhi grup Anda? Setelah Anda menentukan jawaban Anda, jelaskan untuk editor. Jangan berasumsi bahwa mereka mendapatkan kepentingannya.
2. Sebutkan narahubung, alamat, dan nomor telepon grup Anda. Jika editor memiliki pertanyaan untuk cerita yang mendalam, beri tahu mereka siapa yang dapat memberikan detail tambahan.
3. Sarankan judul untuk artikel tersebut. Selain terbukti bermanfaat bagi editor, tajuk utama berfungsi sebagai sarana untuk merangkum poin-poin utama teks.
4. Buka dengan petunjuk atau pernyataan yang kuat untuk menarik perhatian pembaca. Kecenderungan memahami berita pasar penulisan fitur saat ini adalah memasukkan cerita tentang seseorang yang terpengaruh oleh suatu isu. Misalnya, perilisan untuk agensi yang berurusan dengan penyalahgunaan zat dapat menyertakan kisah sukses tentang seseorang yang mengatasi kecanduan dan bagaimana agensi tersebut membantu.
5. Ingat lima W dan H-siapa, apa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana. Manakah dari barang-barang ini yang harus mendapat prioritas utama? Jawaban Anda harus ditempatkan sedekat mungkin dengan bagian atas salinan.
6. Gunakan kalimat pendek, kata kerja tindakan, dan paragraf pendek sebanyak mungkin.
7. Kirim rilis ke orang yang tepat. Orang itulah yang membuat keputusan tentang apa yang dicetak atau disiarkan.
8. Bersikaplah objektif. Jangan membesar-besarkan upaya Anda atau menjadi berbunga-bunga dengan pujian Anda.
9. Sertakan kutipan bagus dari anggota staf Anda atau orang yang terkait dengan grup atau tujuan Anda.
10. Pertahankan rilis singkat. Kirim tidak lebih dari dua halaman dengan spasi ganda. Format spasi ganda memungkinkan editor untuk menunjukkan penambahan atau koreksi dengan mudah.
11. Bersikap gigih. Editor tidak selalu menyimpan rilis di file. Jika mereka tidak memublikasikan rilis Anda dalam jangka waktu yang ditentukan, kirimkan lagi kepada mereka.
12. Akhiri rilis Anda dengan simbol ###, yang merupakan notasi standar yang menunjukkan "akhir".

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bolehkan Aqiqah Dilakukan Saat Melakukan Ibadah Haji

Lima Alat Pemasaran Internet Paling Efektif

Mengenal Sejarah dan Kesenian di Balik Furniture Jepara yang Megah